Senin, 15 Januari 2018

on
Cara Mengatasi Ketiak Gatal Dengan Cara Alami

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, keringat dan panas membuat kulit jadi lebih sensitif. Nah, ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan sering mengalami iritasi. Maka itu, tak sedikit orang mengeluhkan ketiak gatal ketika mereka beraktivitas di luar ruangan. Ketiak gatal memang masalah sepele tapi cukup mengganggu jika dibiarkan saja. Yuk, sontek berbagai cara mengobati ketiak gatal dengan berbagai bahan alami.

Biasanya ketiak gatal disebabkan oleh iritasi kulit atau reaksi alergi. Keduanya dapat menyebabkan rasa gatal, kulit ketiak berwarna merah, dan terasa kering. Jika terasa sangat gatal, jangan digaruk karena akan membuatnya luka dan iritas.

Alih-alih menggaruknya, Anda bisa mengandalkan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasi rasa gatal di ketiak.

1. Minyak kelapa dan air hangat


Jika ketiak Anda terasa gatal, cobalah mandi dengan air hangat dicampurkan dengan minyak kepala. Minyak kelapa mampu mengobati rasa gatal dan warna merah pada ketiak. Selain itu, air hangat dapat menenangkan bagian kulit yang teriritasi.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menambahkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Lakukan hal ini ketika rasa gatal di ketiak kambuh

2. Kompres dengan es batu


Jika disebabkan oleh iritasi, cara mengobati ketiak yang gatal adalah dengan mengompres bagian tersebut dengan es batu. Selain mengurangi rasa gatal, es batu dapat membuat Anda lebih rileks karena es batu tidak berbahaya untuk digunakan.

3. Perbanyak makan buah dan sayur


Terkadang rasa gatal pada ketika juga disebabkan oleh kekurangan vitamin di dalam tubuh kita. Mulailah untuk menambah asupan vitamin untuk membantu melawan jamur dan membuat kulit kita jadi lebih sehat.

Sumber makanan yang bisa Anda andalkan untuk mengurangi rasa gatal di ketiak yang menyiksa yait u jeruk, brokoli, dan tomat. Makanan tersebut kaya akan vitamin C yang bisa bantu mengobati gatal di ketiak

4. Gunakan irisan lemon


Untuk membunuh jamur-jamur yang berkeliaran di ketiak, gunakan irisan lemon dan letakkan di bagian yang gatal. Cobalah untuk mengirisnya dengan ukuran yang kecil. Selain itu, lemon dapat dijadikan sebagai deodoran alami yang dapat mengatasi jamur pada ketiak yang gatal.

Setelah kita mengetahui cara-cara mengobati ketiak yang gatal, mari kita lihat bagaimana kita dapat mencegah hal tersebut terjadi.
Cara mencegah ketiak gatal

Pencegahan adalah salah satu cara kita mengobati tanpa harus merasakan sakit tersebut. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana mencegah ketiak gatal dengan cara yang mudah:

    Jika rasa gatal baru terasa, hentikan penggunaan alat-alat pembersih yang menggunakan bahan kimia yang berpotensi sebagai penyebab alergi.
    Hindari penggunaan pakaian, handuk, dan aksesoris yang digunakan bersama dengan orang lain. Hal tersebut kemungkinan besar dapat menyebabkan jamur yang ada pada tubuh orang lain menempel pada kita.
    Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan longgar.
    Jaga kebersihan diri Anda. Bila perlu gunakan cairan antiseptik ketika mandi.

Jika ketiak Anda terasa masih gatal padahal berbagai upaya mengatasinya sudah dilakukan, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar