Selasa, 09 Juli 2019

on

Susah Pinjam Dana untuk Lanjut Sekolah?

Biaya sekolah hampir mengalami kenaikan sekitar 10 persen per tahun. Jadi, wajar jika ada orang tua yang berkorban pinjam dana dari berbagai sumber untuk membayar biaya sekolah demi kelanjutan pendidikan anak-anaknya di masa depan. 

Meskipun saat ini biaya pendidikan di beberapa provinsi sudah ditanggung pemerintah daerah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat atas, tetapi orang tua tetap harus memikirkan biaya lainnya. Karena tidak semua pelajar mendapatkan kartu pintar ataupun dana bantuan dari pemerintah.

Apalagi untuk dana ke perguruan tinggi. Untuk itulah ada beberapa sumber yang bisa dijadikan sebagai bantuan sementara demi pendidikan anak-anak.
Pinjam Dana Pendidikan Dari Bank
Pinjaman tanpa agunan dari bank memiliki salah satu produk seperti pembiayaan untuk dana pendidikan. Pembiayaan oleh bank bisa dicover hingga Rp200 jutaan tergantung kebutuhan pendidikan. Cicilannya bisa hingga 3 tahun dengan suku bunga antara 11,50% - 12,50% per tahun.

Produk KTA pendidikan ini bisa memberikan dana mulai dari Rp5 juta. Namun, dikenakan beberapa biaya seperti biaya proses hingga 1% dari total pinjaman, biaya administrasi, biaya asuransi, biaya provisi hingga denda jika melunasi lebih awal dari periode yang sudah disepakati.

Hanya saja syaratnya cukup repot karena harus mencantumkan berbagai persyaratan lengkap seperti KK, surat nikah, slip gaji hingga SK pegawai terakhir. Proses pencairannya pun tidak mudah karena membutuhkan waktu hingga dua 14 hari kerja.
Pinjam Dana Dari Lembaga Keuangan Konvensional
Pinjaman lain yang bisa diharapkan adalah pinjaman dari lembaga keuangan konvensional seperti lembaga pembiayaan. Meskipun jumlahnya sangat sedikit bahkan jarang yang memberikan kemudahan untuk tujuan pendidikan.
Pinjam Dana dari Fintech Lending
Pinjaman dari fintech lending bisa menjadi salah satu opsi untuk dan pendidikan sementara. Seperti biaya pendaftaran, biaya formulir atau biaya ujian saringan masuk ke perguruan tinggi.

Anda juga perlu berhati-hati jangan sampai terjebak meminjam pada fintech ilegal. Beberapa temuan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bahwa pinjaman online ilegal ini melakukan intimidasi dan menerapkan bunga tidak wajar sehingga merugikan masyarakat.

Salah satu fintech yang tepercaya bisa pinjam dana untuk kebutuhan pendidikan maupun kebutuhan lain seperti Kredivo yang sudah terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK. 

Semula, Kredivo dikenal sebagai penyedia kartu kredit online. Kemudian berkembang dengan menghadirkan beberapa produk dan layanan. Salah satu produknya seperti pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang bisa dimanfaatkan pinjam dana untuk kebutuhan pendidikan.
Tabel Produk Layanan Pinjaman yang Diberikan Kredivo
Deskripsi
Pinjaman Mini
Pinjaman Jumbo
Jumlah Pinjaman 
Rp500 ribu - Rp1 Juta
Mulai dari Rp1 juta
Bunga
2.95% per bulan
2.95% per bulan
Tenor
30 hari
3 dan 6 bulan
Biaya admin di awal
6%
6%

Dari tabel tersebut Anda bisa melihat perbedaan antara pinjaman mini dengan pinjaman jumbo. Untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak bisa memanfaatkan pinjaman mini. Sebaliknya, pinjaman jumbo bisa dimanfaatkan untuk mengajukan pinjaman mulai dari Rp1 juta.

Kredivo merupakan salah satu fintech di Indonesia yang memberikan kredit limit paling tinggi hingga Rp30 juta dan bunga rendah hanya 2,95 persen saja per bulan. Suku bunga ini hampir sama dengan suku bunga pinjaman yang ditetapkan lembaga keuangan konvensional antara 1-3 persen per bulan.

Berbeda dengan fintech lain yang menerapkan bunga tinggi hingga 1 persen per hari. Artinya Anda harus membayar bunganya saja sebesar 30 persen dari pokok pinjaman. Itupun belum termasuk membayarkan pokok pinjamannya.

Sebagai contoh, jika Anda meminjam lewat fintech lain uang sebesar Rp1 juta, dalam satu bulan Anda harus membayar bunganya saja sebesar Rp300 ribuan jika bunga yang ditetapkan sebesar 1 persen per hari.

Oleh karena itu, pilih fintech yang tepercaya dan sudah berpengalaman melayani nasabah. Keuntungan lain, Anda bisa belanja online dengan menggunakan Kredivo dengan menggunakan fitur cicilan di lebih dari 200 merchant di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Kredivo.

Daftar dan unduh sekarang aplikasi resminya di App Store dan Google Play Store dengan mudah.

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar