Jumat, 22 November 2019

on

Platform Investasi Online yang Cocok untuk Milenial

Setiap kali Anda ingin membuka usaha tentu akan membutuhkan modal sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Namun Anda terkadang terkendala pada posisi tidak punya modal yang memadai untuk membuka bisnis tersebut. Hal itu tidak saja Anda rasakan sendiri, tetapi banyak Usaha Kecil Mikro lainnya yang merasakannya. Oleh karena itu, Andi Taufan Garuda Putra mendirikan situs web amartha.com pada tahun 2010. Situs ini berperan untuk menjembatani antara investor dan nasabah.
Dengan begitu, Amartha merupakan salah satu perusahaan teknologi finansial peer-to peer landing yang berada di Indonesia. Perusahaan ini membuat situs web yang menghubungkan investor dengan nasabah. Dengan demikian, Amartha mampu menjangkau para pelaku UKM sampai ke pelosok Indonesia.
Awalnya, Amartha merupakan dana pribadi dari Taufan sebesar 10 juta rupiah pada tahun 2009. Dana tersebut diberikan secara berkelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 15-25 ibu rumah tangga. Selanjutnya, Amartha pada tahun 2015 resmi berubah menjadi  layanan investasi P2P landing marketplace. Transpormasi tersebut memungkinkan siapa saja menjadi investor untuk memberikan bantuan dana usaha pada UKM.
Amartha memberikan dana awal pinjaman sebesar 500 ribu rupiah untuk setiap orang. Dana tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya jika anggota tersebut berhasil membayar angsuran tepat waktu dan tidak mengalami tanggung renteng. Tanggung renteng yaitu pembayaran angsuran ditangung bersama bagi anggota yang gagal membayar angsuran.
Tahun 2016 PT. Amartha Mikro Fintek sudah resmi terdaftar di Direktorat Kelembagaan non Bank dan Produk IKNB (Industri Keuangan non Bank) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Amartha pun selalu mengadakan komunikasi dengan pihak OJK. Hal ini untuk menyusun POJK Nomor 77/01-2016 yaitu mengenai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada bulan Desember 2016. Dengan begitu, Amartha berharap bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan pinjaman.
Investasi Peer to Peer landing Amartha mengumumkan bahwa mereka baru mendapat pendanaan seri A yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI). Hal ini Amartha dapatkan tanggal 7 Maret 2017. Investornya yaitu Lynx Asia Partners, Beenext, dan Midplaza Holding.
Selanjutnya di penghujung tahun 2017, Amartha meraih tiga penghargaan sekaligus yaitu dari Kadin DKI Jakarta, Republik Syariah Award, dan Marketereers. Apresiasi tersebut telah mebuktikan bahwa Amartha sudah memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.
Kali ini pun Amartha mendapat penghargaan START UP Award dari Kadin DKI Jakarta. Sebab Amartha dianggap sebagai pionir startup dan banyak berkontribusi dalam pengembangan industri keuangan berbasis teknologi dan informasi. Selain itu, ada pula Penghargaan Khusus Fintech yang berakad syariah dari Republik Syariah Award.
Sasaran nasabah Amartha yaitu para Ibu Rumah Tangga pelaku UKM yang ingin membuka usaha, tetapi tidak memiliki modal.  Sebelum modal diberikan, team Amartha melakukan survey terlebih dahulu untuk memberikan penilaian kelayakan usaha dan pendampingannya. Hal ini dilakukan untuk menjaring peminjam yang berkualitas dan meminimalisir resiko investasi online. Berikut ini adalah survey yang dilakukaan Amartha sebelum menyalurkan pinjaman.
·         Survey wilayah dan demografi yaitu untuk memperluas pemetaan wilayah dan nasabah. Selain itu, untuk menguji potensi dibukanya cabang baru dengan berdialog pada tokoh setempat.
·         Membentuk kelompok majelis yang terdiri dari 5 anggota kemudian bergabung dengan anggota yang lebih besar sekitar 15-20 orang. Hal ini bisa menanggulangi masalah gagal bayar hingga 0% karena semua anggota saling mengawasi dan sepakat tanggung renteng.
·         Memberikan pelatihan pada peminjam yang berkaitan dengan pengelolaan modal dan kedisiplinan dalam pengembaliannya.  
Itu tadi informasi mengenai platform investasi yang cocok digunakan oleh anak milenial. Semoga bermanfaat 😊


Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar